Sabtu, 08 Januari 2011

Pembekalan Prakerin


Sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bagi siswa-siswi yang telah duduk di kelas XI di wajibkan untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di kantor dinas pemerintah, koperasi, pertokoan, percetakan, taylor, modiste, atau bidang usaha lainnya sesuai jurusan masing-masing. Demikian juga dengan siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teruna Jaya Nglipar, Gunungkidul diwajibkan untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin).

Pelaksanaan praktek kerja industri bagi siswa-siswi SMK Teruna Jaya Nglipar Gunungkidul dilaksanakan mulai Senin tanggal 10 Januari 2011 sampai dengan Senin tanggal 18 April 2011. Adapun tujuan pelaksanaan praktik kerja itu sendiri yaitu untuk membekali siswa agar mendapat pengalaman tentang dunia kerja yang senyatanya sehingga kelak setelah lulus dari bangku sekolah siswa diharapkan mempunyai rasa percaya diri dalam mengarungi persaingan dunia kerja yang semakin ketat dan komplek. Selain itu agar siswa memiliki jiwa mandiri, bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, memiliki jiwa wirausaha yang ulet dan tangguh sehingga menjadi manusia asset dan bukan lagi menjadi manusia beban.

Dalam rangka pelaksanaan praktik kerja industri tersebut, maka mulai hari Selasa 4 Januari 2011 sampai dengan Sabtu 8 Januari 2011 sebanyak 124 siswa terdiri dari Program Studi Administrasi Perkantoran, Tata Niaga, Busana Butik, dan Multi Media mengikuti kegiatan pembekalan yang berlangsung di Aula SMK Teruna Jaya. Materi pembekalan meliputi penerapan kurikulum pada dunia usaha atau dunia industri, kode etik profesi, etika dan tata krama pada dunia kerja, kewajiban siswa sebagai pelajar dalam menghadapai dunia kerja, komunikasi di lingkungan tempat praktik kerja industri, serta bimbingan akhlak dan budi pekerti sebagai makhluk Tuhan yang hidup dilingkungan masyarakat, sekolah dan dunia kerja.

Sedang lokasi praktik kerja industri meliputi Usaha Konveksi, Koperasi, Toko, Swalayan Kantor Pemerintah di lingkungan Kabupaten Gunungkidul, Usaha Percetakan di Yogyakarta dan Klaten.

Tidak ada komentar: