Minggu, 07 Juni 2009

BERSIH DESA DI KEDUNGPOH



Bersih desa atau orang menyebut dengan Rasulan merupakan tradisi run temurun bagi masyarakat Jawa. Tradisi ini biasanya dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur dan terimakasih atas rejeki dan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Baik nikmat itu berupa kesehatan, ketenteraman, rejeki hasil panen pertanian dan hasil peternakan. Di Desa Kedungpoh Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul upacara bersih desa dilaksanan pada hari Minggu tanggal 7 Juni 2009. Prosesi upacara dilaksanakan di balai Desa Kedungpoh dibuka dengan berdoa bersama, kemudian dilanjutkan dengan kirab mengelilingi wilayah Kedungpoh yang diikuti oleh sebagian besar warga Kedungpoh, baik tua, muda, besar, kecil, laki-laki atau perempuan. Kirab dimulai dari Dusun Gojasari, Gentungan, Mojosari, Nglorog dan kembali ke balai desa. Selanjutnya acara diisi dengan senam sehat dari ibu-ibu kelompok PKK Desa Kedungpoh, pembagian door price, persembahan elekton, dan malam harinya dilanjutkan dengan pengajian akbar. Sedang sehari sebelumnya yaitu pada hari Sabtu diadakan pertunjukan dangdut pada pukul 13.00 WIB di lapangan Kedungpoh. Acara ditutup pada hari Senin dengan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk oleh Ki dalang Sumarno Hadi Purwo Carito.


Pada acara ini tak ketinggalan juga dimeriahkan oleh grup drumband SMK Teruna Jaya Nglipar Gunungkidul sejak pagi dengan mengadakan atraksi yang menarik dengan menyuguhkan lagu-lagu perjuangan, lagu-lagu sholawat, lagu mars, lagu-lagu yang sedang populer saat ini. Juga dimeriahkan oleh badut-badut siswa SMK Teruna Jaya yang lucu baik dari segi pakaiannya yang warna-warni atau gerak-geriknya yang lucu.Tak lupa-lupa badut-badut ini juga membagikan permen kepada anak-anak yang menonton disepanjang pinggir jalan yang dilewati. Sehingga kehadiran badut-badut ini membuat suasana tidak menakutkan bagi-anak yang menyaksikan tetapi malah menambah suasana keakraban dan menjadikan hiburan tersendiri bagi pengunjung upacara adat bersih desa.



Upacara bersih desa ini selain sebagai acara adat jua sebagai ajang untuk mempererat rasa persaudaraan dan keakraban, baik antar warga setempat atau dengan warga dari luar desa tersebut. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengunjung yang dating dari luar daerah, baik orang tua, muda dan anak-anak. Lebih-lebih bagi warga masyarakat yang mempunyai anak masih sekolah lanjutan acara ini sebagai ajang untuk memperat persahabatan dengan saling kunjung mengunjungi.

6 komentar:

Diary of Mom mengatakan...

hallooo...pak Diro?pripun kbar'e???sae tho??
wah rame sanget drumband nipun??
kok mboten kbar tho pak...???
btw ingkang latihan kpn tho pak???
npo kls 3 ingkang maen???

Nugroho ST mengatakan...

Siiiip, ternyata SMK banyak kemajuan ...

shewien_cyutz mengatakan...

mau donk alamat email / join facebook buat anak2 angkatan 2005, saya winarni angkatan 2005 ada yang mau gabung add aja di : shewien_cyutz@yahoo.com,
Cahyoo...

shewien_cyutz mengatakan...

mau donk alamat email / join facebook buat anak2 angkatan 2005, saya winarni angkatan 2005 ada yang mau gabung add aja di : shewien_cyutz@yahoo.com,
Cahyoo...

Rohmad mengatakan...

ya...dah trlmbt deh...kngen rasulan ki...q ank kedungpoh tptnya dikulon kedungpoh. sy alumni TJ 2003..sy bru tau klw TJ byk peningkatan, kemajuan, mulai dari drum band dll. 6 thn silam sy bljar internet hrs ke wnsari rmhnya pak jarwo..bwt pak diro trimksh ats bimbingan...wktu dlu...smpai di mrh2in tp bru sadar trnyata byk hikmahnya....!adain reuni akbar donx...kngen ni m tmn2..!join facebook bwt ank2 alumni 2003

dewiyuni mengatakan...

bank goib : adalah pinjaman bank dengan jaminan umur anda.
uang sihir : adalah uang yang disihir dari nominal tertentu jadi nominal tertentu dan hanya bisa bertahan untuk waktu tertentu.
kawin jin : adalah cara mendaptkan uang dengan kawini jin.
uang balik ; adalah uang yang dapat digunakan jual beli dan akan kembali lagi.
tukar umur : mendapatkan uang dari jual umur sendiri.
dll.
pikirkan dan tanyakan baik buruknya juga resikonya....

dalam perguruan ki sumarno tdk ada istilah mahar dan bayar dimuka...tapi secara gmblang ganti minyak dan ganti uang jalan bisa diberikan dari hasil ritual...setelah berhasil tentu ini lah dinamakan menolong orang.
jika ada pakar yang minta uang lebih dulu ato minta transfer atau minta uang bt beli minyak dan banyak alasan lainya kami mengedukasi bahwa itu pasti penipuan...apalagi kalo alasanya bahwa pakar gak bisa terima dari hasil ritual, kami telah membuktikan bahwa di kisumarno pakar pun dapatnya dari hasil ritual namun dalam batasan tertentu...hati2 penipuan pakar yang mengatasnamakan ki sumarno....sedangkan yang ingin tau atau berkonsultasi dapat melalui putra juga pewaris tahta ilmu ki sumarno adalah mas restu yang mengatas namakan ki sumarno dapat memberitahukan beliau dinomor 085396825257 hanya no ini yang resmi milik ki sumarno.